Kanker mata adalah kanker yang diakibatkan oleh pertumbuhan sel jaringan mata yang tidak terkendali. Pengobatan kanker mata dapat dilakukan dengan melakukan beberapa pemeriksaan terlebih dahulu.

Pada umumnya kanker dapat berpindah atau menyebar ke bagian tubuh lainnya. Hal ini disebut dengan metastasis. Kanker mata dapat diobati dengan beberapa cara bergantung pada kondisi penderita.

Pengobatan kanker mata dilakukan dengan menyesuaikan jenis kanker yang diderita dan kondisi pasien saat itu. Dilansir dari alodokter.com terdapat beberapa jenis kanker mata berdasarkan jenis jaringan asalanya.

  • Melanoma Intraocular adalah jenis kanker mata yang terjadi pada jaringan bola mata. melanoma intraocular adalah jenis kanker mata yang sering terjadi. Kanker ini menyerang pada bagian sel-sel penghasil pigmen atau melanosit yang letaknya berada di jaringan uvea. Bagian koroid adalah tempat sel kanker sering ditemukan dan tumbuh. Kanker melanoma intraocular dapat dideteksi pada jaringan iris. Melanoma pada iris adalah kanker yang tumbuh dengan lambat dan jarang menyebar pada organ tubuh lainnya.
  • Limfoma intraocular adalah kanker mata yang menyerang pada bagian sel-sel getah bening dalam bola mata. Kanker jenis ini yang sering kali muncul termasuk dalam golongan linfoma non-Hodgkin. Kanker mata jenis ini sering menyerang pada penderita yang memiliki sistem imum bermasalah atau rendah, seperti HIV/AIDS.
  • Retinoblastoma adalah kanker mata yang menyerang anak-anak. Kanker ini muncul akibat dari perubahan gen pada retina. Sel-sel retina membelah dengan tidak terkendali dan menyebar ke jaringan mata serta organ tubuh lainnya. Kanker retinoblastoma dapat terjadi pada salah satu atau kedua bola mata. retinoblastoma dapat dideteksi sebelum anak berusia 1 tahun, jika terjadi pada kedua mata. Kanker mata jenis ini dapat diobati dengan baik jika dideteksi sejak dini.
READ  Penyebab, Diagnosis, dan Stadium Kanker Mulut

Gejala Kanker Mata

Berdasarkan gejala yang umum terjadi dilansir dari halodoc.com adalah sebagai berikut:

  • Penglihatan yang kabur
  • Kehilangan sebagian atau seluruh penglihatan
  • Melihat bayangan, kilatan cahaya, garis bengkok, atau bercak dalam pandangan
  • Pembekakan yang terjadi pada mata atau kelopak mata

Pengobatan Kanker Mata

Pengobatan kanker yang dilakukan akan disesuaikan dengan kondisi dan stadium kanker. Dilansir dari hellosehat.com beberapa pemeriksaan dilakukan terlebih dahulu sebelum mengobati.

  • Memeriksa kondisi, umur, kesehatan secara keseluruhan
  • Pada tingkat stadium berapa kanker sudah menyerang
  • Pada bagian mana kanker mata menyerang
  • Jenis pengobatan yang memungkin untuk menyembuhkan kanker mata penderita

 

Setelah melakukan pemeriksaan, pengobatan kanker yang dilakukan dapat melalui beberapa cara sebagai berikut.

  • Terapi laser
READ  Penyebab dan Gejala Kanker Mata yang Harus Anda Waspadai

Prosedur pengobatan ini digunakan untuk membunuh atau menghentikan pertumbuhan sel kanker. Perawatan ini kadang juga digunakan bersama dengan terapi radiasi untuk pengobatan melanoma.

Dalam pengobatan juga memiliki efek samping. Efek samping dari terapi laser adalah dapat merusak dan mengubah kemampuan melihat. Konsultasikan kepada dokter anda terlebih dahulu tentang efek samping dari pengobatan ini.

  • Terapi radiasi

Pengobatan yang umum digunakan adalah terapi radiasi. Terapi ini menggunakan sinar x-ray untuk membunuh sel kanker. Sama halnya dengan terapi laser yang memiliki efek samping. Efek samping dari terapi radiasi adalah dapat terjadi kerusakan pada mata dan mengubah cara melihat. Namun, sebagian besar efek samping yang terjadi membaik setelah perawatan berakhir. Tetap konsultasikan dengan dokter anda mengenai efek samping yang terjadi.

  • Operasi
READ  Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Kanker Mulut yang Perlu Anda Ketahui

Operasi pengangkatan kanker dilakukan bergantung tempat kanker tersebut tumbuh dan seberapa besar kanker itu. Beberapa jenis operasi dapat memengaruhi kemampuan melihat. Setiap jenis operasi mata memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Konsultasikan dengan dokter anda terlebih dahulu sebelum melakukan operasi.

  • Kemoterapi

Pengobatan kanker mata dengan menggunakan obat-obatan. Obat yang diberikan disuntikkan ke vena atau obat pil yang diminum. Obat yang diberikan akan masuk ke dalam darah dan menyebar ke seluruh tubuh.

Efek samping dari kemoterapi adalah anda akan mudah lelah, dapat menyebabkan rambut rontok, dan sakit pada perut. Namun demikian, efek samping ini juga menghilang seiring dengan berakhirnya perawatan.

 

Sumber: hellosehat.com