Fenomena menyebarnya penyakit menular seksual atau dikenal dengan singkatan PMS memang harus segera diberantas. Bagaimana tidak, akibat buruk dan merugikan dari berbagai penyakit ini sangat membahayakan penderitanya. Orang yang sebelumnya tidak terinfeksi bisa terkena infeksi karena berbagai media penularan. Untuk itu, kenali jenis penyakit menular seksual di bawah ini agar meningkatkan kewaspadaan.

  1. Sifilis

Sifilis atau yang sering disebut juga dengan istilah raja singa adalah suatu infeksi yang disebabkan bakteri Treponema pallidum. Tidak hanya lewat berhubungan intim tanpa pengaman, penyakit ini bisa ditularkan lewat paparan cairan tubuh. Untuk itu, sebaiknya ketahui pula berbagai faktor yang bisa meningkatkan risiko tertular sifilis, seperti memakai toilet bersama pengidap, berbagi peralatan makan dan mandi, juga penggunaan pakaian bersama dengan penderita sifilis.

  1. Gonore

Jenis penyakit menular seksual berikutnya adalah gonore yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini dapat menginfeksi bagian-bagian tubuh yang lebih hangat ataupun lembap, di antaranya adalah bagian tenggorokan, anus, Miss V ataupun uretra. Penyakit gonore ini menimbulkan gejala yang berbeda antara pengidap wanita dan pria. Meskipun demikian, umumnya pengidap gonore mempunyai frekuensi buang air kecil yang lebih sering.

  1. Klamidia
READ  Gejala Kanker Mulut yang Perlu Anda Ketahui

Klamidia merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Penyakit ini menginfeksi mata, tenggorokan, serviks, saluran kencing, sampai anus. Alangkah lebih baik, segera kenali gejala penyakit klamidia ini agar penanganan dapat dilakukan sejak dini. Beberapa gejalanya adalah sakit saat buang air kecil, sakit di bagian bawah perut, keluar cairan tidak normal dari penis atau vagina, sakit saat berhubungan seksual, pendarahan vagian antara satu menstruasi dan periode berikutnya, serta terasa nyeri pada testis.

  1. Hepatitis

Hepatitis A, B, dan C adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang hati dan bisa ditularkan melalui cairan tubuh saat berhubungan seks. Beberapa gejala yang dapat dialami penderita adalah tubuh lemah, mual dan muntah, demam, nyeri di bagian perut, kehilangan nafsu makan, nyeri pada sendi atau otot, urin berwarna gelap, gatal, dan kulit menjadi berwarna kekuningan.

  1. Herpes Genital
READ  Penyebab, Diagnosis, dan Stadium Kanker Mulut

Jenis penyakit menular seksual berikutnya adalah herpes genital yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV) yang masuk ke tubuh melalui luka kecil pada kulit atau selaput lendir. Orang yang terinfeksi virus ini tak pernah menyadari dirinya telah terinfeksi. Hal tersebut dikarenakan herpes pada umumnya tidak menimbulkan tanda spesifik. Meskipun demikian, ada beberapa tanda dan gejala umum yang bisa dideteksi yaitu terdapat benjolan merah kecil, kulit yang melepuh, atau luka terbuka di area genital dan sekitarnya. Sakit atau gatal di sekitar area genital, pantat, atau paha dalam juga menjadi gejalanya.

  1. Trikomoniasis

Penyakit menular seksual ini diakibatkan oleh Trichomonas vaginalis dan bisa dialami oleh pria ataupun wanita. Meski demikian, wanita muda yang masih aktif secara seksual, lebih rentan mengalami penyakit ini. Menggunakan kondom saat berhubungan intim dapat mencegah penyebaran penyakit ini.

  1. HPV

Human Papillomavirus (HPV) merupakan salah satu jenis virus yang umumnya dapat ditularkan lewat hubungan seksual tanpa kondom. Sama seperti yang lainnya, terkadang virus ini tidak menunjukkan gejala kemunculannya. Akan tetapi, terdapat beberapa gejala yang bisa diwaspadai, di antaranya adalah muncul daging kecil berwarna merah atau keabu-abuan di aea genital. Terdapat kutil yang letaknya berdekatan atau berbentuk seperti kembang kol. Rasa gatal juga muncul di area genital dan adanya pendarahan saat berhubungan seks.

  1. Infeksi HIV
READ  Penyebab dan Gejala Kanker Mata yang Harus Anda Waspadai

Infeksi HIV atau human immunodeficiency virus merupakan jenis penyakit menular seksual yang sangat berbahaya. Virus HIV ini mampu menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang. Ada beberapa cara yang bisa menyebabkan seseorang terpapar virus ini, yaitu berhubungan intim tanpa pengaman, transfusi darah, serta berbagi pemakaian alat suntik.

Selain memakai kondom, setia kepada satu pasangan serta menghindari berganti-ganti pasangan dalam berhubungan intim dapat mencegah Anda dari penularan penyakit menular seksual. Pemakaian alat kesehatan yang steril, seperti pada jarum suntik, sangat bermanfaat mencegah penularan PMS ini.

 

Sumber Artikel:

www.halodoc.com

hellosehat.com

doktersehat.com

 

Sumber Gambar:

www.sehatfresh.com

tirto.id

nationalgeographic.grid.id