Perlu kamu tahu nih, bahwa pada masa sekarang banyak lho, pria yang melakukan perawatan kulit terutama pada wajahnya. Hal ini tentunya pada zaman sekarang, telah dianggap wajar dan tak lagi dianggap kehilangan sisi maskulinitasnya. Para wanita juga banyak lebih suka pria yang menjaga penampilannya. Sehingga cukup penting informasi untuk mengetahui cara merawat kulit pria yang benar dan tepat agar para pria mendapatkan penampilan yang maksimal. Setidaknya kamu perlu mengetahui cara merawat kulit dari yang paling mendasar.

Merawat kulit bagi pria penting karena kulit merupakan organ terluar manusia yang memiliki tugas dalam penjagaan dan perlindungan jaringan serta organ yang ada di dalam tubuh manusia. Adanya masalah pada organ tubuh juga dapat ditandai dengan kulit yang tidak sehat. Kulit wanita dan pria tentunya memiliki perbedaan, contoh yaitu kulit pria lebih tebal jika dibandingkan dengan kulit wanita. Akan tetapi, dasar-dasar merawat kulit pria dan wanita hampir sama dan tidak banyak perbedaannya. Dalam melakukan perawatan kulit kamu haruslah mengetahui terlebih dahulu jenis kulit yang umumnya dibedakan menjadi lima jenis, kulit sensitif, kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, dan kulit kombinasi. Untuk kaum pria, patutnya kamu kenali jenis kulit terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan kulit agar kamu mendapatkan hasil perawatan yang maksimal sehingga kulit nampak lebih bersih dan segar.

READ  Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Kanker Mulut yang Perlu Anda Ketahui

Nah, ini dia beberapa cara untuk merawat kulit pria yang dapat kamu coba!

  1. Memilih produk sesuai jenis kulit

Apabila kamu telah memahami jenis kulitmu, maka cara merawat kulit pria yang perlu kamu lakukan selanjutnya ialah memilih produk skin care yang tepat untukmu. Produk ini dapat meliputi facial wash atau sabun cuci muka, produk pembersih wajah, hingga pelembap.

Apabila kamu memiliki kulit yang berminyak dan berjerawat maka produk yang memiliki kandungan asam, contohnya asam glikolat atau asam salisilat akan sangat tepat untuk kamu pilih. Akan tetapi jika kamu memiliki kulit kering, kamu perlu mengusahakan untuk menghindari produk dengan kandungan alkohol karena akan memperparah tingkat kekeringan di kulitmu. Dilansir dari laman Hello Sehat, bila jenis kulitmu adalah sensitif, ada baiknya untuk kamu  menghindari produk dengan kandungan alkohol, pewangi, pewarna, kamu pun bisa memilih produk berlabel hypoallergenic (berisiko kecil menyebabkan reaksi alergi).

  1. Rutin Bersihkan Wajah dan Gunakan Pelembab atau Tabir Surya
READ  Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

Sama layaknya wanita, maka pria pun memerlukan cara merawat kulit pria dengan baik dan benar. Sangat penting bagi pria untuk melakukan perawatan wajah dasar contohnya perawatan untuk membersihkan wajah dan melembabkan wajah. Hal ini disebabkan karena kulit wajah sering terkena polusi, salah satunya ialah berasal dari asap rokok. Hal lain pemicunya ialah, karena pria cenderung memiliki kulit lebih berminyak dan lebih tebal dari wanita. Kamu perlu menghindari kebiasaan mencuci muka menggunakan sabun mandi karena akan menyebabkan kulit wajahpun menjadi lebih kering.

Jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembab setelah mencuci muka. Pelembap akan senantiasa bisa menjaga kelembapan kulit. Kamu dapat menggunakannya sesuai kebutuhan, contoh 2 kali dalam sehari. Sedangkan tabir surya digunakan untuk menghindari sinar ultraviolet yang biasanya dapat mempercepat terjadinya penuaan pada kulit, contohnya ialah kerutan, hingga menjadi faktor pemicu kerusakan lain pada kulit. Menurut dokter spesialis kulit Inneke Jane Hidajat menjelaskan bahwa kamu juga harus memperhatikan kandungan tabir surya serta memahami cara pemakaian yang benar, agar dapat terlindungi secara maksimal.

  1. Perhatikan teknik mencukur yang baik
READ  Jenis Penyakit Menular Seksual yang Perlu Diwaspadai

Hal penting lainnya tentang cara merawat kulit pria yaitu memperhatikan teknik mencukur yang baik. Mencukur di bagian wajah merupakan hal yang lumrah dilakukan pria secara rutin, meskipun bagi wanita termasuk dalam hal yang asing. Teknik mencukur akan mempengaruhi cara merawat kulit wajah yang tepat pada pria. Teknik tersebut diantaranya ialah penggunaan pisau cukur yang tepat sesuai kebutuhan.

Dengan memilih pisau cukur yang tidak tepat, akan menghindari terjadinya luka pada wajah, hal ini juga dapat dikatakan bahwa perawatan wajah harus dilakukan dengan lebih hati-hati. Perlu pula untuk menggunakan krim cukur yang lembap sebelum mencukur yang bertujuan  mempermudah laju pisau cukur, serta menghindari luka pada kulit wajah. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah memastikan bahwa kamu selalu mencukur rambut sesuai arah bulu rambut Anda, bukan ke arah sebaliknya.

 

Sumber gambar : https://pingpoint.co.id